B-Fest: Festivalnya Kabupaten Banyuwangi


Banyuwangi Festival atau yang dikenal dengan B-Fest merupakan kegiatan tahunan yang diadakan dalam rangka memperingati hari lahir Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang bertepatan tanggal 18 Desember. Kegiatan ini mulai diadakan sejak tahun 2012 yang diprakarsai oleh Bupati Abdullah Azwar Anas.
Banyuwangi Festival sepertinya terselenggara karena keberhasilan Jember yang sudah terlebih dahulu memulai festival bunganya yang go-internasional itu. Potensi wisata diharapkan mampu mengangkat nama Banyuwangi di kancah nasional terlebih internasional.

Acara yang bisa anda jumpai di B-Fest ini sangat variatif dan banyak ragamnya, pada tahun 2016 ini setidaknya ada 45 pagelaran yang dihelat pada rangkaian B-Fest 2016. Salah satu yang menjadi andalan adalah International Tour de Banyuwangi Ijen (11-14 Mei 2016), Festival Gandrung Sewu (17 September 2016), Banyuwangi International Run (9 Oktober 2016), Banyuwangi Ethno Carnival (12 November 2016) dan Festival Kuwung (3 Desember 2016).

B-Fest 2016 ini menjadi kelanjutan program kerja bupati Banyuwangi yang diharapkan mampu mengangkat potensi daerah terutama dari sektor pariwisata. Dengan B-Fest ini diharapkan potensi daerah yang selama ini belum muncul ke permukaan bisa terangkat dan menjadi andalan Banyuwangi di masa depan.


Bagi anda yang ingin menikmati acara Banyuwangi Festival, ada baiknya pilih salah satu agenda yang paling menarik bagi anda dan pesan tiket kereta dari sekarang sebelum kehabisan tiket. Karena akses menuju Banyuwangi bila ditempuh dari Surabaya hanyalah kereta yang paling nyaman dan aman. Mengendarai bis atau membawa mobil sendiri memang memungkinkan akan tetapi jauhnya perjalanan yang hampir setara dengan Surabaya-Yogyakarta ini menjadikan energi anda bisa terkuras habis di perjalanan.

Jika dari Bali, anda cukup menyeberang sebentar saja dari Gilimanuk menuju Ketapang, lalu menuju lokasi Banyuwangi Festival yang anda sukai. Setelahnya, anda tinggal mencari tempat menginap sementara di sana. Jika belum memiliki rujukan atau referensi hotel yang pas dengan kantong anda, silakan kunjungi situs penyedia layanan booking hotel untuk memilih hotel yang sesuai budget anda.

Bagi anda yang sedang berpetualang dan sedang berwisata ke Bali, maka sangat disarankan untuk berangkat menengok wisata budaya Banyuwangi ini. Misalnya anda sedang di Ubud, Bali atau yang wilayah terujung bernama Pecatu misalnya dan menginap di http://www.traveloka.com/hotel/indonesia/karma-kandara-161688 yang bila diukur jarak kurang lebih 124 kilometer.

Pecatu menuju Gilimanuk jarak tempuhnya mencapi sa4-5 jam bila normal perjalanannya. Lalu dilanjut kapal yang butuh 60 menitan dari proses antrean di pelabuhan dan giliran jalan serta berlabuh di Ketapang, Banyuwangi dan lalu menuju kota Banyuwangi ke lokasi tujuan Anda.

Pastikan pula lokasi menginap anda tak jauh dari acara penyelenggaraan Banyuwangi Festival jika memang anda tak punya sanak saudara atau teman yang bisa mengantar anda berkeliling. Jangan lupa bawa perlengkapan perjalanan wisata anda seperti kamera, handycam, smartphone, charger, dan lain-lainnya. Jangan lupa pula obat-obatan yang memang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda.

Selamat menikmati B-Fest 2016, semoga memuaskan dahaga wisata anda... :)

sumber foto: detik,com | panduanwisata.id | rimanews.com
Share on Google Plus

About Abdul Ghofur

0 komentar:

Posting Komentar